Rangkuman berita mengenai Facebook, dan Twitter

Posted by Blog Fathur Muttahar on Tuesday 3 January 2012

 Persaingan Facebook dan Google+


Facebook boleh merasa di atas angin. Wajar, sebab penggunanya kini tercatat sekitar 700 juta lebih.

Tapi bukan berarti persaingan ke depan bakal lebih mudah. Google+ yang diharapkan menyainginya memang belum mampu berbicara banyak di 2011 lalu. Namun di 2012, kompetisi keduanya diprediksi akan memanas.

Tak hanya akan berebut pengguna, tahun ini, kedua situs jejaring tersebut diprediksi bakal bersaing memperebutkan kue iklan jutaan dollar. User pun bisa mengharapkan banyak penambahan fitur baru yang disajikan keduanya.

"Ini adalah perjuangan untuk bertahan bagi Facebook dan relevansi untuk Google. Yang terjadi di tahun 2012 akan membuat perbedaan apakah Facebook masih akan ada di akhir dekade dan apakah Google benar-benar relevan di luar mesin cari," sebut Rob Enderle, analis di Enderle Group.

Facebook sendiri berencana menawarkan saham perdana pada paruh pertama 2012. Hal ini bisa membuat Facebook mendapatkan banyak uang dan lebih kuat dalam melawan Google. Namun bisa pula sebaliknya.

"Momen besar adalah penawaran saham perdana Facebook. Google yang lebih terfokus mungkin bisa membahayakan Facebook jika hal itu gagal," kata Patrick Moorhead dari Moor Insights & Strategy.

Google membuat berita besar dengan kemunculan Google+, dengan berbagai fitur mirip Facebook. Namun demikian, harus diakui bahwa Google+ tidak dapat berbuat banyak di 2011.

"Google+ belum membuat banyak kemajuan melawan Facebook tahun 2011, " sebut Dan Olds, analis di Gabriel Consulting Group, dikutip detikINET dari ComputerWorld.

Namun dia memproyeksi Google tidak akan menyerah begitu saja. Kompetisi keduanya diperkirakan akan sangat intens di tahun 2012 seiring kue iklan yang makin besar di situs jejaring sosial. 


Sumber Fajar Online 

Pertumbuhan Facebook Pertanda Akhir "Era Google"?

facebook
Google sejauh ini masih menjadi "raja" di internet. Menurut data Nielsen, Google adalah brand nomor satu berdasarkan angka unique visitor di Amerika Serikat.

Namun, riset Nielsen itu juga mengungkapkan adanya gelagat tergusurnya Google dari posisi puncak. Pertumbuhan Facebook periode 2009-2011 jauh lebih besar dari Google.

Seperti diungkapkan Venturebeat, jumlah pengunjung Facebook Oktober 2009 - Oktober 2011 naik 29,5 persen. Sedangkan Google, hanya naik 5,7 persen.

Dalam periode tersebut, Facebook tumbuh dari angka 107,5 juta menjadi 139,1 juta. Sedangkan Google naik dari 147,9 juta ke 155,8 juta.

Tentunya data itu perlu diteliti lebih jauh lagi. Sekadar contoh, meski pertumbuhannya sejak 2009 mencapai hampir 30 persen, pertumbuhan Facebook antara 2010 ke 2011 hanya 5,7 persen.

Di bawah kedua raksasa itu adalah situs web yang mulai mengalami penurunan. Yahoo! misalnya, yang bertengger di posisi tiga, menunjukkan penurunan (negatif) 2,9 persen (2010 ke 2011) dan 3,4 persen (2009 ke 2011).

Demikian juga dengan situs milik Microsoft (MSN, Windows Live dan Bing) yang turun 0,3 persen (2010 ke 2011). Sedangkan dari 2009 ke 2011, MSN/ Windows Live dan Bing hanya menunjukkan pertumbuhan minim 0,2 persen.

Di posisi lima, YouTube menunjukkan pertumbuhan yang lumayan. Antara 2010 ke 2011, situs milik Google ini tumbuh 8,6 persen. Jika dilihat dari 2009 ke 2011, pertumbuhannya 19,9 persen.

Angka ini diukur dari pengguna komputer di AS. Sedangkan di masa depan, angka yang jauh lebih penting adalah pengguna mobile yang terus tumbuh.




Sumber Kompas



Agar Kicauan Anda Berbalas di Twitter

Retweets adalah tulang punggung jaringan di twitter. Soalnya retweet dapat menyebarkan pesan dari satu akun twitter ke akun lain. Dengan kata lain, satu pesan bisa mencapai 100 juta pengguna akun lainnya.

Penggambaran di atas mungkin hiperbola, tapi semua itu mungkin karena semuanya terkoneksi melalui jaringan. Untuk membuat kicauan Anda banyak di-retweet, butuh upaya dan kerja keras. Anda tidak bisa menulis sampah dan berharap jaringan akan menggandalkan pesan Anda. Semuanya perlu usaha. Ini yang bisa Anda upayakan:

1. Miliki nama akun yang pendek dan masuk akal.

Nama akun yang normal maksimal adalah 15 karakter. Jika anda memiliki akun dengan nama aneh, maka jika di retweet orang akan semakin aneh, apalagi jika lebih dari satu orang meretweet. Anda bisa mengubah username kapan saja, tapi pikir-pikirlah jika nama akun anda lebih dari 10 karakter.

2. Berilah cukup ruangan bagi orang untuk meretweet pesan anda.

Jika orang harus mengedit tweet anda yang panjang, mereka akan dengan senang hati, karena selain nama anda tidak menyusahkan, masih ada tempat buat nama akun peretweet. Jika anda memang malas, coba mulai sekarang, buat tweet pendek dan sisakan minimal 20 karakter buat mereka yang akan meretweet.

3. Pelajari apa yang pembaca anda ingin baca.

Ini mungkin terdengar sulit, tapi sebenarnya sangat mudah. Untuk meningkatkan peluang retweet dan klik, atau untuk memastikan bahwa seseorang membaca pesan anda, maka anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk mempelajari apa sebenarnya yang paling banyak direspon jaringan anda.

Tidak perlu mengubah diri anda untuk mencapai standari ini. Tapi coba pikirkan bahwa orang-orang akan tertarik dengan bukti-bukti seperti data.

4. Bagilah hal yang menarik atau konten unik.

5. Cobalah untuk jadi yang pertama mengabarkan.

Jika Anda tak bisa jadi yang pertama, maka jadilah yang terbaik. Buat tweet Anda menarik, lucu atau penuh pemikiran. Tapi ingat jangan pernah berbohong, sekali Anda berbohong, maka tidak akan ada orang yang mau mengklik atau percaya yang Anda katakan.

Sedikit bunga-bunga atau "lebay" masih wajar. Apalagi humor dan kisah jenaka. Buatlah tweet yang membuat orang gatal untuk ikut komentar.

6. Selalu gunakan bit.ly atau link penyingkat lainnya to untuk menyingkat link.

Alasannya? karena tidak ada yang suka dengan link panjang. Jika anda menggunakan tinyurl, maka sangat jarang orang membaca pesan Anda

7 Gunakan tata bahasa yang sempurna dengan tanda baca yang benar.

Baca sebentar sebelum memposting tweet anda. Salah satu tips adalah hindari tanda baca titik dua. Begitu juga singkatan yang agak aneh seperti ak untuk aku. Dan cobalah untuk menghindari singkatan seperti LOL, RFLO, LFMAO dan sebagainya.

8. Tetaplah konsisten

Jika orang-orang tidak tahu apa yang bisa mereka peroleh dari anda, maka mereka tidak akan nyaman berbagi isi konten tweet anda di jaringan mereka.

9. Jangan jadi robot

Jangan hanya copy dan paste berita dari orang lain. Lalu jika anda menggunakan twitter feeds, maka tinjau dulu tweet Anda sebelum posting.

Ingat, nama anda yang akan keluar di dunia 140 karakter yang riuh ini. Mudah-mudahan, nama baik lah yang akan dingat. Oiya, jangan pula terlena dengan banyaknya akun yang meretweet pesan Anda. Tapi jika ada satu akun yang bukan bot di antara ratusan orang yang secara rutin meretweet pesan Anda, percayalah Anda sudah berada di jalan yang benar.

Sumber Tempo

Facebook vs Twitter, Siapa Lebih Populer di 2011?



Ranah media sosial semakin menegaskan eksistensi dan pengaruhnya sepanjang tahun 2011 ini. Dimana dua layanan pilihan sepertinya patut dialamatkan kepada Facebook dan Twitter. Namun jika diminta untuk memilih, siapa kira-kira yang lebih populer?

Menurut laporan yang dikeluarkan HighBeam Research dan dilansir ZdNet, jika patokannya dari sisi media coverage maka Twitter adalah jawaranya. Situs mikro blogging itu tercatat mendapat coverage sebesar 50%, sedangkan Facebook menguntit dengan 45%.

Dominasi Twitter ini disebutkan terjadi hampir sepanjang tahun, kecuali pada bulan Februari dan April. Twitter begitu sering disebut-sebut ketika media mengulas tentang ranah media sosial.

Namun itu baru dari satu sisi. Jika berbicara tentang penilaian lain, seperti jumlah pengguna, Facebook masih unggul jauh dari Twitter. Situs besutan Mark Zuckerberg itu telah disesaki dengan lebih dari 800 juta pengguna per September 2011, sedangkan Twitter 'hanya' memiliki 100 juta pengguna aktif.

Dominasi Facebook berlanjut pada sisi 'beragam hal' yang diposting penggunanya. Dimana ada sekitar 4 miliar 'hal' yang disharing Facebooker setiap harinya pada pencatatan Juli 2011. Sementara Twitter disesaki sekitar 250 juta tweet per harinya pada Oktober 2011.

Facebook disebutkan memiliki sifat lebih privat. Sementara Twitter lebih terbuka, khususnya terkait penyebaran informasi via layanan online ini yang dapat berkicau sebegitu cepatnya, meski terbatas jumlah karakter.

Hingga pada akhirnya, sulit untuk membandingkan kedua layanan ini apple to apple. Yang pasti keduanya termasuk layanan media sosial yang tengah digemari saat ini. Tinggal tergantung pilihan pengguna, ingin lebih menghabiskan waktu di mana?

Laporan ini juga menyebutkan bahwa media sosial lainnya di belakang Facebook dan Twitter yang paling digemari adalah LinkedIn, MySpace, dan MySpace. Entah kenapa Google+ tidak masuk dalam laporan tersebut.

Sumber Detikinet

Blog, Updated at: 00:04

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog