Turnamen Triwizard

Posted by Blog Fathur Muttahar on Tuesday 29 November 2011


                                    Turnamen Triwizard

Turnamen Triwizard atau Turnamen Trisihir adalah sebuah turnamen sihir dalam seri novel Fiksi Fantasi Harry Potter oleh J.K Rowling. Turnamen ini banyak dibahas pada buku keempat yaitu Harry Potter dan Piala Api. Turnamen Triwizard sempat menjadi pilihan  untuk menjadi judul buku keempat yaitu Harry Potter and Triwizard Tournament (Harry Potter dan Turnamen Triwizard) pada akhirnya Rowling  memilih Judul Harry Potter and the Goblet of  Fire  (Harry Potter dan Piala Api). Triwizard berasal dari kata Three – Wizard (3 Penyihir) nama ini sesuai dengan jumlah penyihir yang mengikuti turnamen ini. Turnamen ini diselenggarakan dan di ikuti Oleh 3 sekolah sihir terbesar di Eropa yaitu :

           Sekolah Sihir Hogwarts
           Akademi Sihir Beauxbatons , dan
           Institut Durmstrang

Turnamen ini diselenggarakan diHogwarts pada tahun 1994 (tahun keempat Harry) setelah hampir seratus tahun tidak diselenggarakan, ini diakibatkan resiko kematian peserta sangat tinggi.

Sejarah Turnamen  Triwizard
 Ini adalah penjelasan singkat tentang sejarah Turnamen Triwizard yang dikutip dari penjelasan Prof. Dumbledore :
“ Turnamen Triwizard pertama kali diselenggarakan kira-kira 700 tahun yang lalu,sebagai kompetisi persahabatan di antara ketiga sekolah sihir terbesar di Eropa : Hogwarts , Beauxbatons , dan Durmstrang. Seorang juara akan dipilih untuk mewakili masing-masing sekolah,dan ketiga juara ini bersaing dalam menyelesaikan tiga tugas sihir. Ketiga sekolah ini bergiliran menjadituan rumah turnamen ini lima tahun sekali, dan kegiatan ini disepakati sebagai cara paling luar biasa untuk membina tali persahabatan di antara para penyihir muda yang berbeda bangsa.”

Pemilihan Juara
Turnamen ini dikhususkan untuk penyihir yang telah cukup umur dan kemampuan sihir yang berusia 17 tahun keatas, mengingat tugas-tugas turnamen ini sulit dan berbahaya. Calon juara yang telah berusia 17 tahun yang ingin berkompetisi memasukan nama dan nama sekolah sekolah mereka pada juri yang tidak memihak yang akan memutuskan mana yang lebih layak bertanding untuk memperebutkan Piala Triwizard, dan hadiah pribadi sebesar 1000 Galleon. Pemilihan juara akan di umumkan di depan umum pada malam Halloween , juri yang tidak memihak itu adalah Piala Api, dan peserta yang telah terpilih menjadi Juara akan terikat Kontrak nyawa dengan Piala Api yang mana mengharuskan juara untuk tetap bertanding sampai turnamen ini selesai, jika tidak juara yang melanggar akan mengalami kematian.

            Dalam Harry Potter dan Piala Api 3 Juara yang terpilih adalah :
           Viktor Krum dari Durmstrang
           Fleur Delacour dari Beauxbatons, dan
           Cedric Diggory dari Hogwarts

Namun, dalam seri tersebut, Piala Api berhasil dikelabui dengan Mantra Cunfundus yang sangat kuat sehingga Piala melupakan bahwa yang ikut dalam Turnamen tersebut hanya 3 peserta, Piala Api mengeluarkan 1 nama yang sangat mengejutkan bagi semua penyihir, karna Penyihir yang terpilah sebagai juara keempat masih berusia dibawah umur untuk ikut serta dalam turnamen ini, Yaitu :
           Harry Potter dari Hogwarts
Yang membuat 2 sekolah lain mengajukan protes, tetapi Harry tetap ikutkan karna telah terikat kontrak sihir dengan Piala Api.
Para Juara Turnamen Triwizard tahun ke 4 Harry Potter
Tugas – Tugas Turnamen Triwizard
Dalam Bagian ini tugas yang dibahas adalah tugas yang ada dalam seri Harry Potter dan Piala Api.

* Tugas Pertama


 Dalam Harry Potter dan Piala Api, Tugas pertama menilai ketangkasan, ketepatan mantra, kepandaian dalam menghadapi situasi mendadak, tugas pertama adalah :

           Mengambil Telur yang berisi petunjuk Tugas Kedua dari sarang Naga .

Sebelum melaksanakan tugas para Juara akan memilih Miniatur Naga yang akan mereka lawan, miniatur tersebut telah diberi nomor urut :
           Urutan Pertama, Jenis Naga Moncong-Pendek Swedia, untuk Cedric Diggory
           Urutan Kedua,  Jenis Naga Hijau  Wales, untuk Fleur Delacour
           Urutan Ketiga, Jenis Naga Bola Api China, untuk Viktor krum , dan
           Urutan Keempat, Jenis Naga Ekor-Berduri Hungaria, untuk Harry Potter.
Keempat Peserta berhasil mendapatkan Telur Emas Berisi petunjuk tugas berikutnya, dan mendapatkan Poin.
https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQuAqBmwjXw3ZaoatYpybMtD5IlMWyZeTcdPYwUgSOalhIvVq6T
Harry Potter di Tugas Pertama Turnamen Triwizard


* Tugas Kedua

Sebelum mengetahui Apa tugas kedua para Juara, harus memecahkan petunjuk dalam telur itu, telur tersebut harus dibuka didalam air agar dapat mendengar petunjuk (Karena jika dibuka di Udara Telur tersebut melolong). Petunjuk  Dalam Telur berupa nyanyian berlirik sebagai berikut :

“ Carilah kami ke tempat asal suara kami,

   Di atas daratan kami tak bias bernyanyi,

   Dan sementara mencari, renungkanlah ini :

   Kami telah mengambil yang kau sayangi,

   Satu jam penuh kau harus mencari,

   Tetapi selewat satu jam – tak ada lagi harapan,

   Terlambat sudah, yang telah pergi, tak mungkin kembali “

Pemecahannya adalah Masing-Masing  Juara akan menyelamatkan sandera di bawah danau, berupa orang yang mereka sayang. Sandera-Sandera tersebut adalah :
           Cho Chang, Sandera Cedric Diggory
           Hermione Granger, Sandera Viktor Krum
           Gabrielle, Sandera Fleur Delacour
           Ronald Weasley, Sandera  Harry Potter
http://images2.fanpop.com/images/polls/151000/151314_1228776998262_full.jpg
Harry Potter dalam Tugas ke dua di Turnamen Triwizard
Ketiga Juara berhasil menyelamatkan sandera mereka, dan berhasil menghambat gangguan dari makhluk bawah air, tetapi Fleur tidak berhasil menyelamatkan sanderanya akibat serangan Grindylow, tetapi Harry yang menganggap serius nyanyian duyung, menyelamatkan dua sandera sekaligus, yang membuatnya di tertawakan, dan mendapat Poin lebih untuk Akhlak yang mulia.

* Tugas Ketiga

Tugas ketiga adalah Mengambil Piala Triwizard didalam Taman Labirin yang telah diisi berbagai macam rintangan Seperti Makhluk gaib,dan Satwa Gaib. Pencarian ini dilaksanakan malam hari. Ditengah Labirin berisi Piala Triwizard, barang siapa yang terlebih dulu menyentuh Piala dialah pemenangnya. 
Piala Turnamen Triwizard

Dalam tugas ini Viktor  Krum dibawah pengaruh Kutukan Imperius ( Yang di lontarkan Oleh Pelahap Maut yang menyamar menjadi Prof. Moody ) menghambat Fleur dan Cedric untuk mencapai Piala, tetapi Cedric berhasil lolos dari ancaman Krum, saat ditengah labirin Cedric dan Harry melihat Piala keduanya pun berlomba untuk mengambilnya , tetapi Cedric terhalang sulur yang membelit kakinya, sejenak Harry ragu lalu membebaskan Cedric, dan mereka sepakat untuk menjadi Juara Bersama, tapi sayangnya, piala tersebut telah diubah menjadi Portkey Oah Pelahapa maut yang menyamar menjadi Prof. Moody, yang membawa siapa yang menyentuhnya ke Makam Muggle tempat Bangkitnya Lord Voldemort. Di makam Cedric di bunuh dengan mantra AVADA KEDAVRA oleh Wormtail , sehingga membuat Harry menjadi pemenag tunggal Turnamen Triwizard, dan berhak medapatkan hadiah uang tunai Sebesar 1000 Galleon (yang ia berikan kepada Fred dan George Weasley, karena kematian Cedric yang terlebih dahulu medekati Piala)
http://images.wikia.com/harrypotter/images/8/84/Fleurthird.jpg
Fleur Delacour di Tugas Ke Tiga Turnamen Triwizard
Hadiah Turnamen Triwizard

Pemenang Turnamen Ini akan mendapatkan Hadiah Uang sihir sebesar 1000 Galleon, yang diserah terima di hadapan seluruh Penghuni sekolah yang diberikan Oleh Menteri Sihir. Pemenang turnamen ini sekolahnya akan menjadi tuan rumah untuk Turnamen Triwizard

Blog, Updated at: 04:24

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog