OS Nokia Belle

Posted by Blog Fathur Muttahar on Saturday 27 October 2012


Nokia Belle
belle_01

Apa itu Nokia Belle ?
            Sebelum menelisik lebih jauh ada baiknya kita mengetahui apa yang akan kita bahas, Pengertian Nokia Belle saya kutip dari Halaman Web Nokia Indonesia.
            “Inilah sistem operasi terkenal kami yang telah diperbarui agar ponsel Nokia Anda jauh lebih responsif, mudah dan menyenangkan untuk digunakan. Tersedia dalam jajaran smartphone baru kami, fitur baru dan perbaikan di Nokia Belle juga telah tersedia sebagai pembaruan perangkat lunak bagi beberapa smartphone lain yang kompatibel adalah : Nokia C7, E7, N8, C6-01, X7, E6, 500, 603, 700, dan 808 PureView. Deret ponsel disamping adalah Ponsel yang di Jual di Indonesia saja, sebenarnya ada beberapa tipe lagi yang mendukung Sistem operasi Nokia Belle” 




Apa Saja Fitur-Fitur di Nokia Belle ?

Jelajah lebih cepat dan lancar

Layar sentuh yang responsif dan kemampuan pemrosesan yang ditingkatkan pada smartphone Nokia generasi baru, semuanya membuat penjelajahan web yang lebih lancar, download yang lebih cepat, dan multi-tugas yang lebih mudah.
Ponsel Nokia Belle baru kami menawarkan sambungan internet cepat dan peningkatan kecepatan jelajah. Itu berarti Anda dapat memantau apa yang terjadi di sekitar Anda dan mengikuti semua berita terkini dari jaringan teman dan keluarga Anda.
belle_02
[ Gambar Browser Saat Menjelajah Internet ]

Bagikan & pasangkan dengan NFC

Salah satu fitur yang membuat ponsel baru Nokia Belle menunjukkan kemampuan terbaiknya adalah NFC.
NFC
Berbagi foto, video dan musik, memasangkan dengan smartphone lain yang berkemampuan NFC, atau mengakses level baru di Angry Birds – semua dapat Anda lakukan dengan sekali sentuh. Tag NFC juga memungkinkan Anda dengan mudah mengakses segudang konten menarik, termasuk cuplikan film, lagu, situs mikro, peta, atau kupon voucher dan banyak lagi.
belle_03
[ Gambar 3 Ponsel yang sedang menjalankan Fitur NFC ]

Enam layar depan

Pantau segalanya dan personalisasikan layar depan untuk mengekspresikan diri Anda.
Atur sendiri feed untuk menampilkan hal paling penting bagi Anda dan dapatkan info terbaru dari jaringan sosial Anda secara sekilas. Enam layar depan memberikan Anda lebih banyak kesempatan untuk mengatur sendiri berbagai sisi aktivitas Anda, baik yang menyangkut pekerjaan ataupun waktu luang Anda.
belle_04
[ Gambar Nokia 700 dengan 6 Halaman HomeScreen ]

Widget langsung dalam lima ukuran

Kontak favorit Anda, email, pemutar musik, jam atau kalender Anda - apapun yang paling sering Anda akses, bisa dipasang pada keenam layar depan.
Dan bukan saja menjadi lebih praktis, widget juga telah dirancang ulang dan kini tersedia dalam lima macam ukuran, ditata ulang untuk membuat kumpulan aplikasi benar-benar dapat disesuaikan. Dan widget baru ‘Toggle’ kini membuat aktifitas seperti mengaktifkan bluetooth dan mengubah profil jadi lebih mudah.
belle_05
[ Gambar Berbagai Widget dengan Berbagai Ukuran ]

Bar tugas tarik-bawah

Semua notifikasi Anda ada di satu tempat yang mudah dicari – semudah menggeser satu tab ke bawah dari layar mana pun.

Bar tugas yang baru menyertakan akses ke pengaturan Anda, juga pemberitahuan pesan masuk, panggilan tidak dijawab, dan apapun yang perlu Anda pantau. Anda juga dapat mengatur konektivitas untuk mengaktifkan atau menonaktifkan bluetooth atau Wi-Fi melalui bar tugas tarik-bawah.
belle_06
[ Gambar Bar Tugas Tarik Kebawah pada Nokia 700 ]
Apa Saja Kelebihannya ?
OS Nokia Belle memuat beberapa perbaikan di Symbian OS yang menurut Nokia disebut sebagai sistem operasi Symbian paling kompetitif dan paling mulus yang pernah dibuat hingga saat ini. Dari pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa Belle lebih berfokus pada tampilan jika dibandingkan dengan Anna.

Layar depannya sekarang terdiri dari enam papan tampilan, bukan tiga seperti Anna. Widget yang ada di masing-masing papan tampilan ini akan tersedia dalam lima ukuran berbeda, tidak seragam seperti di Anna maupun Symbian^3.

Widget ini juga bisa diganti ukurannya secara lebih fleksibel.
 

[ Gambar 4 Halaman Depan Nokia Belle ]

Tampilan menu utama Belle terlihat rata, bisa digulung secara vertikal. Shortcut (jalan pintas) aplikasi ditempatkan dalam layar yang sama dan tanpa folder. Cara operasi multitasking juga diubah. 




Pengguna Belle bisa berpindah antar gambar secara nyata antar aplikasi tanpa perlu task switcher. Sayangnya fitur ini belum tampak gambarannya dalam demo.

Perubahan besar lainnya adalah terdapatnya menu pull-down untuk notifikasi di setiap layar, seperti daerah notifikasi yang terdapat di Android maupun Apple. Menu ini juga bisa diubah untuk menjadi kontrol operasi lain seperti penggunaan wifi, Bluetooth, hingga mode diam.

Belle juga mendukung rencana Nokia dalam fitur NFC. Pairing dapat dilakukan dengan mudah, cukup dengan mengaktifkan NFC di dua handset seperti antarponsel maupun dengan perangkat lain. Untuk memutuskan pairing maka cukup dilakukan dengan menyentuh opsi NFC sekali lagi. Operasi ini pernah terlihat di N9 yang terhubung ke speaker nirkabel NFC, yang saat ini juga disediakan Nokia dalam bentuk headset yaitu Nokia Essence.

Layar pengunci Belle juga telah diperbarui. Pada versi ini pengguna bisa menambahkan wallpaper warna dan notifikasi jika ada acara yang terlewatkan. Selain itu juga terdapat beberapa aplikasi baru dari Microsoft seperti Lync, Sharepoint, OneNote, Exchange ActiveSync dan PowerPoint Broadcaster.
Berbagai perbaikan dan perombakan yang dilakukan Nokia di Symbian Belle ini dianggap membuat Symbian semakin mirip Android.

Beberapa fitur yang dicontoh misalnya adalah widget yang bisa diatur ukurannya, menu rata, hingga area notifikasi.

Kenyataan ini seakan memutarbalikkan pernyataan eksekutif Nokia terdahulu yang menyebut bahwa menggunakan Android adalah seperti orang yang mengompol.

Apakah Symbian Belle terbaru dengan segala kelebihan serta keunggulannya ini mampu menaikkan pamor OS Symbian yang selama ini terkesan kaku, tidak seperti Android yang diklaim lebih bagus dan hebat?

Ini bukan masalah bagus tidaknya. Kebutuhan seringkali dikesampingkan saat memilih jenis OS ponsel yang akan dipilih.


Perangkat Yang Mendukung Nokia Belle
Belle Compatible Phones
                                              [ Nokia C6-01,C7,N8,E7, E6]

 Nokia 700Nokia 603 Nokia X7-00
Nokia 500 Nokia 808 PureView
[ Nokia 700, 603, X7, 500, dan 808 PureView ]

Update Nokia Belle Terbagi Lagi Menjadi 3 Yakni :
Ø  Nokia Belle Refresh
Ø  Nokia Belle Feature Pack 1 [Nokia Carla]
Ø  Nokia Belle Feature Pack 2 [Nokia Donna]

Blog, Updated at: 11:13

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog