Trik Superkilat dalam Mengerjakan Soal Ujian Nasional SMA

Posted by Blog Fathur Muttahar on Sunday 25 January 2015

Hai adik-adik yang sekarang lagi duduk dikelas XII SMA, tidak terasa sudah bulan Januari 2015, tandanya Ujian Nasional Tahun ajaran 2014/2015 akan segera datang. Ya tentunya kalian semua pada sibuk mengerjakan latihan-latihan soal prediksi UN atau mungkin mengerjakan soal UN tahun kemarin. Klink aja link yang bisa di klik semuanya berguna kok.

Sebenarnya kalian yang duduk dikelas XII tahun ini cukup beruntung. Kenapa? Karena soal untuk kalian gak beda jauh amasoal tahun 2013 dan 2014. Lho kok bisa? Iya ketentuan sudah ada menurut permendikbud yang terbit tahun 2013 yang kurang lebih begini: “Kisi-Kisi Soal UN untukSMA/MA/SMK atau sederajat adalah sama untuk 3 tahun berturut-turut (2013, 2014,2015)”

Oh iya kabar terbaru mengatakan Kemendikbud siap melakukan Ujian Nasional berbasis Komputer secara Online; Check this Out
  • Tahun ini dirintis UN berbasis komputer diusulkan di 862 sekolah utk diverifikasi daerah. Model soal & waktu sama dgn model kertas


Mempersiapkan diri sedini mungkin adalah hal terbaik untuk menghadapi UN. Belajar dan terus belajar berlatih dan terus berlatih. Selain hal tersebut ada hal istimewa yang harus kalian ketahui sebagai peserta ujian. Untuk soal ujian Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris akan ada 50 Butir Soal, Soal ujian untuk Matematikan dan Jurusan akan ada 40 butir tiap mata pelajaran. Dengan rentang waktu kerja hanya 120 Menit. Tentunya kita ketahui bahwa ujian tersebut tidak akan selesai jika kita menggunakan rumus dari kurikulum yang akan diajarkan sekolah. Contoh soal fisika, kalau kita kerja dengan cara kurikulum kita mulai mencari mana saja yang diketahui, mana yang ditanyakan terus mulai mencari penyelesaian. Akan ada banyak waktu yang terambil dan soal lain tentunya tidak akan selesai pengerjaannya. Untuk itu saya menulis artikel ini untuk membantu kalian mengerjakan soal ujian dengan ‘TRIK SUPERKILAT’ membaca soal memahaminya dan mengerjakannya dengan penyelesaian yang cepat, dengan demikian kita bisa mengerjakan soal yang lain dengan porsi lebih banyak.

Tanpa berlama-lama lagi dan Langsung saja berikut ini :

SMART SOLUTION: MATEMATIKA dan FISIKA

Smart Solution ini mirip seperti buku yang berisi beberapa penjelasan singkat, contoh soal dan pengerjaannya.

PEMBAHASAN SOAL UJIAN NASIONAL:

FISIKA
         (2014, Pembahasan 1, Pembahasan 2)
         (2013, Pembahasan 1, Pembahasan 2, Pembahasan 3, Pembahasan 4, Pembahasan 5)
MATEMATIKA IPS
BIOLOGI
EKONOMI
GEOGRAFI
SOSIOLOGI

Saran saya porsi belajar: Mengerjakan Soal UN tahun 2013 25%, Soal UN tahun 2014 35%, Prediksi UN tahun 2015 30%, Istirahat (Refreshing Otak) 10%.

Kenapa pelajari Soal UN 2014 porsinya lebih banyak, karena menurut saya Soal UN dari tahun kemarin dibuat berdasarkan standar Internasional dan tahun ini juga, saya udah ngerasain soalnya, tahun kemarin pemberitahuan akan standar soal berdasarkan internasional punya telat diinfokan, alhasil apa yang dipelajari itu kurang. Dan begitu soalnya datang beda 90 Derajat dari tahun 2013 ☺ pas mengerjakan soalnya (terutama fisika, kimia, matematika) hampir mimisan saya karena tekanan darah tinggi karena soalnya sulitnya minta ampun, untung gak kena serangan jantung atau storke sebagian :D itulah sedikit curhatan saya yang gak penting. JANGAN BOSAN BELAJAR DAN BERLATIH J


Dan jangan percaya bocoran jawaban yang harga selangit, percaya deh udah pengalaman sama yang begituan, nungguin bocoran jawaban UN yang katanya bakalan ada dari maghrib sampe pagi nunggu dengan mata melek, jawaban pun kagak datang, yang ada pas mandi pagi leher jadi tegang karena gak tidur semalaman. Belajar adalah cara terbaik, wah walaupun dapet jangan langsung percaya, kerjain soal yang gampang dulu baru cocokin kebocoran, kalau cocok yah Alhamdulillah !!! (Jangan ditiru yah).

Ada cara lain loh buat tahu mana jawaban yang kemungkinan besar benar. Begini kumpulin 5 orang yang kamu dan teman-teman kamu rasa mampu menyelesaikan soal dalam 1 ruang. misalnya si A, si B, si C , si D dan si E. Ceritanya sudah ujian nasional. mereka suruh kerjain soal nomor 1. kalau si ACDE dapat A (untuk soal mereka masing-masing) dan si B dapet B (Untuk soalnya) kemungkinan besar jawaban nomor 1 untuk 20 paket itu A (Get it?). Tapi inget trik ini hanya gunakan untuk soal yang susah bin mumet ngerjainnya.

Jangan Ketinggalan Update-Update Berikutnya

Blog, Updated at: 10:15

0 comments:

Post a Comment

Search This Blog